TUGAS
ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
1.EVOLUSI
ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang
terkait dengan seseorang programer. Contohnya, set instruksi, aritmatika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Contoh : instruksi perkalian merupakan
rancangan arsitektural.
a.perspektif historis.
Secara historis komputer mengalami
bebrapa perkembangan sejak pertama kali diciptakan,
Komputer Generasi Pertama (1946 –
1959)
· Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin
(Machine Language)
· Menggunakan konsep stored-program
dengan memori utamanya adalah magnetic core storage
Contoh dari komputer generasi pertama, adalah :
· ENIAC (Elektronic Numerical
Integrator and calculator) dimulai tahun 1942
· HARDVARD MARK II dibuat pada bulan
juli tahun 1947 dan mempunyai kemampuan 12 kali lebih
besar daripada HARDVARD MARK II
Komputer Generasi Kedua (1959 –
1964)
· Komponen yang digunakan adalah
transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di BellLaboratories oleh John Bordeen, William Shockley dan
Wolther Brattain pada tahun 1947
Contoh dari komputer generasi kedua,
adalah : IBM model 1620, IBM model 1401, dll.
Komputer Generasi Ketiga (1946 –
1970)
· Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated
Circuit) yang berbentuk Hybrid Integrated Circuit dan Monolithic Integrated
Circuit
Contoh dari komputer generasi ketiga, adalah : IBM
S/370 dan UNIVAC 1106
Komputer Generasi Keempat (1970 –
1990)
· Penggunaan Large Scale Integration (LSI) disebut
juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration
· Dikembangkan komputer Mikro yang menggunakan Micro
Processor dan Semi Conductor yang berbentuk Chip untuk memori komputer generasi
sebelumnya masih menggunakan Magnetic Core Storage
Komputer Generasi Kelima (mulai
1990-an)
· Komputer ini sedang dalam
pengembangan komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration)
· Teknologi yang kemungkinan bisa
menggantikan Chips
· Dapat menterjemahkan bahasa manusia dan manusia
dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer.
b.klasifikasi arsitektur
komputer.
Klasifikasi arsitektur
tang saya paparkan ini menurut Flyyn,
Pada tahun 1966, Flyyn
mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang
dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4
klasifikasi komputer :
1. SISD (Single
Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang
mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu
persatu.
2. SIMD (Single
Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang
mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3. MISD (Multiple
Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi beberapa
program yang berbeda terhadap data yang sama.
4. MIMD (Multiple
Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut
multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut terhadap
dengan datanya masing-masing.
c.kualitas arsitektur komputer.
Arsitektur komputer
sendiri memiliki beberapa kualitas yamg berbeda satu dengan yang
lainya,tergantung spesifikasinya dan pada tahun perkembanganya karena
arsitektur semakin tahun semakin berkembang dan semakin maju saja.
BEBERAPA KUALITAS ARSITEKTUR KOMPUTER
YAITU:
1.Generalitas adalah ukuran besarnya
jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2. Daya terap (applicability) adalah
pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan
yang telah direncanakannya.
yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata
jurnlah hardware dalam komputer yang selalu
sibuk selama penggunaannya biasa.
sibuk selama penggunaannya biasa.
4.Daya terap arsitektur adalah ukuran
kemudahan bagi perancang
untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas.
untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas.
5. Daya kembang (expandability) adalah
ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya.
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya.
d.keberhasilan
arsitektur komputer.
Keberhasilan arsitektur komputer,pertama
kali itu berawal dari Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat
itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang
insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator
elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah
lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The
Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan
komputer relai elektronik.
Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Keberhasilan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa
untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun
1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling
populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal
1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer
rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.
Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb.
2.organisasi komputer dasar.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.
Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb.
2.organisasi komputer dasar.
a.struktur dasar
komputer.
Struktur dasar komputer memiliki
beberapa bagian,dan setiap bagian tesebut mempunyai fungsi yamg berbeda-beda.
Berikut ini bagian-bagian dari struktur dasar komputer.
- Unit Masukan (Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal istilah peralatan masukan (input device). - Unit Kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem. - Unit Logika & Aritmatika (Arithmetical & Logical
Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika & logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dll. - Unit Memori / Penyimpan (Memory / Storage
unit)
Berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran - Unit Keluaran (Output Unit)
Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori. Seperti halnya pada unit masukan maka pada unit keluaran dikenal juga istilah peralatan keluaran (Output device) dan media keluaran (Output media).
B.organisasi komputer.
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat
dengan unit-unit operasional. contohnya teknologi hardware, perangkat
antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Organisasi komputer bisa kita artikan sebagai cara bagi komputer (yang didesign
oleh manusia) dalam menkonsolidasikan diri mereka hingga membentuk suatu
performa yang diinginkan, seperti halnya organisasi yang sering kita temukan,
organisasi komputer ini juga memiliki tujuan, tujannya adalah menghasilkan
kerja komputer seperti yang diinginkan manusia sebagai pembuatnya.
Organisasi komputer berkaitan dengan unit operasional dan interkoneksi yang
merealisasi spesifikasi arsitektural;
- Atribut organisasional meliputi
rincian teknologi hardware yang diketahui
pemrogram (sinyal kontrol, interface komputer dan peripheral
dan teknologi memori
yang digunakan)
- Contoh : instruksi perkalian akan
diimplementasi unit perkalian khusus atau
mekanisme penjumlahan berulang
merupakan masalah organisasional.
Sumber =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar