Minggu, 18 November 2012

INPUT/OUTPUT UNIT DAN ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM)


TUGAS SOFTSKILL KE 3
INPUT/OUTPUT UNIT DAN ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM)


1.INPUT/OUTPUT UNIT
Input unit 
adalah suatu jenis perangkat yang berfungsi untuk menerima data dariluar, lalu mengendalikan sinyal (data) yang masuk ke dalam suatu unit prosesor  untuk diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan.Singkat kata,
input unit adalah media bagi data dari luar untuk memasuki komputer.

Output unit 
memiliki fungsi mengkomunikasikan data yang telah diproses oleh komputer ke dunia luar, dalam berbagai wujud. Dengan kata lain, bisa dibilang bahwa output unit 
adalah kebalikan dari input unit yang menerima data dari luar.Beberapa output unit  yang sering digunakan, dan akan dibahas cara kerjanya dimakalah ini, adalah:
Monitor
Pencetak ( printer )
•Plotter

A.SISTEM BUS.

Sistem bus adalah penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya . Bus sistem menghubungkan cpu dengan ram dan mungkin sebuah buffer memory atau memori penyangga (cache L2). Bus sistem merupakan bus pusat .bus-bus yang lain merupakan pencabangan dari bus ini. Prosesor ,mempri utama,dan perangkat I/O dapat di interkoneksikan dengan menggunakan bus bersama yang fungsi utamanya adalah menyediakan jalur komunikasi untuk transfer data. Bus tersebut menyediakan jalur yang diperlukan untuk mendukung interrupt dan arbitrasi. Protokol bus adalah setaturan yang mengatur kelakuan berbagai perangkat yang terhubung ke bus yaitu kapan harus meletakkan informasi ke dalam bus ,menyediakan sinyal kontrol dan lain sebagainya.

B.STANDAR INPUT/OUTPUT INTERFACE.
Interface atau antarmuka adalah Penghubung antara dua sistem atau alat media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung.

Interface Aplikasi I/O
Ketika suatu aplikasi ingin membuka data yang ada dalam suatu disk, sebenarnya aplikasi tersebut harus dapat membedakan jenis disk apa yang akan diaksesnya. Untuk mempermudah pengaksesan, sistem operasi melakukan standarisasi cara pengaksesan pada peralatan Input / Output. Pendekatan inilah yang dinamakan interface aplikasi Input / Output.
Interface aplikasi Input / Output melibatkan abstraksi, enkapsulasi, dan software layering. Abstraksi dilakukan dengan membagi-bagi detail peralatan-peralatan Input / Output ke dalam kelas-kelas yang lebih umum. Dengan adanya kelas-kelas yang umum ini, maka akan lebih mudah untuk membuat fungsi-fungsi standar(interface) untuk mengaksesnya. Lalu kemudian adanya device driver pada masing-masing peralatan Input / Output, berfungsi untuk enkapsulasi perbedaan-perbedaan yang ada dari masing-masing anggota kelas-kelas yang umum tadi. Device driver mengenkapsulasi tiap -tiap peralatan Input / Output ke dalam masing-masing 1 kelas yang umum tadi(interface standar). Tujuan dari adanya lapisan device driver ini adalah untuk menyembunyikan perbedaan-perbedaan yang ada pada device controller dari subsistem Input / Output pada kernel. Karena hal ini, subsistem Input / Outputdapat bersifat independen dari hardware.
Karena subsistem Input / Output independen dari hardware maka hal ini akan sangat menguntungkan dari segi pengembangan hardware. Tidak perlu menunggu vendor sistem operasi untuk mengeluarkan support code untuk hardware-hardware baru yang akan dikeluarkan oleh vendor hardware.

C.PENGAKSESAN PERALATAN INPUT/OUTPUT.
Input / Output Interface diperlukan setiap kali Input / Output device didorong oleh prosesor. Antarmuka harus memiliki logika yang diperlukan untuk menafsirkan perangkat alamat yang dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus dilaksanakan oleh antarmuka menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk, SIAP, WAIT), dan prosesor dapat berkomunikasi denganInput / Output device melalui antarmuka. Khusus Input / Output monad, yang memungkinkan program untuk hanya menguraikan Input / Output, dan tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini penting karena Input / Output fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk setiap bahasa pemrograman, tapi sekarang pemrograman fungsional murni praktis. Berikut alamat yang dapat disimpan dalam register. Instruksi akan memiliki register yang memiliki alamat tersebut. Jadi untuk mengambil data, instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih. Isi register akan diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori yang sesuai dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping Input / Output biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus dirancang untuk melakukan Input / Output operasi

2.ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM)
A.FAMILY IBM  PC dan TURUNANNYA.
· Komputer personal pertama kali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang terdiri dari set register , ALU dan unit control komputer
· IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS
· PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB.

B.KONFIGURASI MIKRO KOMPUTER DASAR.
Chipset adalah set dari chip yang mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.


C.KOMPONEN IBM PC.
Berikut ini adalah komponen IBM PC :

·                     Sistem kontrol BUS : Pengontrol BUS, Buffer Data, dan Latches Alamat
·                     Sistem kontrol interuppt : Pengontrol Interuppt
·                     Sistem kontrol RAM & ROM : Chip RAM & ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
·                     Sistem kontrol DMA : Pengontrol DMA
·                     Timer : Timer Interval Programmable
·                     Sistem kontrol I/O : Interface Paralel Programmable.

D.SISTEM SOFTWARE.
Sistem software adalah perangkat lunak komputer atau sistem operasi yang dirancang untuk mengoperasikan dan mengendalikan perangkat keras komputer dan untuk menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak . [ 1 ] [ 2 ]
Perangkat driver seperti komputer BIOS dan perangkat firmware menyediakan fungsionalitas dasar untuk mengoperasikan dan mengendalikan perangkat keras yang terhubung ke atau dibangun ke dalam komputer. The sistem operasi (contoh menonjol yang z / OS , Microsoft Windows , Mac OS X dan Linux ), memungkinkan bagian-bagian dari komputer untuk bekerja sama dengan melakukan tugas-tugas seperti mentransfer data yang antara memori dan disk atau output render ke perangkat display . Ini juga menyediakan platform untuk menjalankan tingkat tinggi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi . sistem Jendela adalah komponen dariantarmuka pengguna grafis (GUI), dan lebih spesifik dari lingkungan desktop , yang mendukung pelaksanaan window manager , dan menyediakan dukungan dasar untuk hardware grafis, perangkat menunjuk seperti mouse, dan keyboard. Kursor mouse juga umumnya ditarik oleh sistem windowing . software utilitas membantu untuk menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan memelihara komputer.


E.MANFAAT ARSITEKTURAL ARSITEK KOMPUTER.
1.Aplicability.
Arsitektur di tujukan untuk aplikasi yang telah di tentukan.
2.maleability.
Arsitektur lebih mudah membangun sistem yang kecil,maka akan lebih baik.
3.expandibility.
Lebih besar aya kembang arsitektur dalam daya komputasi,ukuran memori,kapasitas I/O dan jumlah processor maka akan lebih baik.
4.comptible.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar